Pengembangan Aplikasi Penerjemah Untuk Penyandang Disabilitas Tunarungu/Wicara Menggunakan Tensor Flow

Authors

  • Moh. Ardiansyah Universitas Pamulang
  • Aries Saifudin Universitas Pamulang

Keywords:

Tunarungu, Wicara, Aksesibilitas, Aplikasi Penerjemah, Tensorflow, Pengenalan Ucapan, Sintesis Suara, Inklusi Sosial

Abstract

Penyandang disabilitas tunarungu/wicara sering menghadapi tantangan signifikan dalam berkomunikasi sehari-hari. Untuk meningkatkan aksesibilitas komunikasi bagi kelompok ini, pengembangan aplikasi penerjemah yang memanfaatkan teknologi terkini menjadi suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi penerjemah yang dapat mengenali ucapan dan menyediakan sintesis suara dengan akurat dan efisien menggunakan TensorFlow, sebuah platform deep learning yang populer. Metode transfer learning digunakan dengan memanfaatkan model MobileNetV2 yang telah dilatih pada dataset ImageNet untuk ekstraksi fitur dan pengenalan objek. Aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan antarmuka pengguna yang ramah dan intuitif, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan kebutuhan individual pengguna. Evaluasi dilakukan melalui uji coba lapangan dengan partisipasi langsung dari penyandang disabilitas tunarungu/wicara untuk mengevaluasi keefektifan dan kemudahan penggunaan aplikasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki potensi untuk signifikan meningkatkan kemampuan komunikasi dan kualitas hidup pengguna. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan teknologi untuk mendorong inklusi sosial dan memperluas aksesibilitas bagi penyandang disabilitas tunarungu/wicara.

References

Yunus, M. (2022). Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Indonesia Ke Dalam Huruf Abjad. Jurnal Sintaks Logika, 2(1), 257-262.

Nababan, D. R. M., & Budiarso, Z. (2023). Sistem Pendeteksi Gerakan Bahasa Isyarat Indonesia Menggunakan Webcam Dengan Metode Supervised Learning. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 22(3), 449-456.

Mufarroha, F. A. (2021). APLIKASI PENERJEMAH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE SKIN DETECTION-ANFIS, KNN DAN TTS. Jurnal Simantec, 9(2), 57-64.

Nelwan, N. A. (2023). Pengembangan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat BISINDO Berbasis Website Dengan Pendekatan Hand Gesture Recognition (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Pramono, I. M., & Agustina, A. (2024, January). MODEL PENERJEMAH BAHASA ISYARAT INDONESIA DENGAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN). In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) , Vol. 8, No. 01.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Ardiansyah, M., & Saifudin, A. (2024). Pengembangan Aplikasi Penerjemah Untuk Penyandang Disabilitas Tunarungu/Wicara Menggunakan Tensor Flow. JRIIN :Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 2(2), 139–143. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.com/index.php/jriin/article/view/1262

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>