Dampak Penerapan Game Quiz Edukasi Dari NetBeans IDE terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Kelas 02TPLP043 Universitas Pamulang
Keywords:
Keywords: Customer Service, Customer Satisfaction Survey, Information Systems.Abstract
Abstrak− Perkembangan ilmu sekarang makin pesat salah satunya media pembelajarannya yang sudah bisa diakses dengan internet. walaupun sudah menggunakan internet yang bisa mengakses informasi dengan mudah menggunakan "game". Karena mahasiswa sekarang lebih banyak yang bermain game daripada membaca buku. dengan dibuatnya media pembelajaran dengan basis "game" ini dapat diterapkan untuk membantu menyampaikan materi yang akan dipelajari siswa dengan mudah diterima. game tidak selamanya tidak bermanfaat dan hanya untuk bermain saja tetapi ada beberapa game yang bisa melatih otak atau disebut "game quiz edukasi". game quiz edukasi ini biasanya berisikan informasi yang berguna dan dapat menambah wawasan kita tentang suatu ilmu.
Kata Kunci: Penerapan Game Quiz Edukasi, Motivasi, Hasil Belajar
Abstract−The development of science is progressing rapidly, one of which is learning media that can be accessed via the Internet. Even though you already use the internet, you can access information easily using "games." Students now play games more than read books. Creating learning media based on "games" can be applied to help convey the material that students will learn easily. Games are not always useless and just for playing, but several games can train the brain or are called "educational quiz games." This educational quiz game usually contains useful information and can increase our insight into a certain science..
References
Arsy Berlian Adnin, Yuri Rahmanto, and Ajeng Savitri Puspaningrum, “Pembuatan Game Edukasi Pembelajaran Kata Imbuhan Untuk Tingkat Sekolah Dasar,” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) 3, no. 2 (2022): 202–12, http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika.
Das, U., & Mishra, K, “An Enhanced Navigational Method for Component-Based Web Requirement Engineering,”Fuzzy Systems and Soft Computing 2020 https://journals.unizik.edu.ng/ujeas/article/view/3544/2869
Desty Endrawati Subroto and Mohamad Bayi Tabrani, “Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sman 5 Cilegon Sohibudin Mahasiswa FKIP Universitas Bina Bangsa,” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 1, no. 3 (2023): 51–62, https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1244.
Putra, Y. W. S., Handayani, R. D., Astuti, D., Arifah, F. N., Nasution, E., Sutjiningtyas, S., ... & Sukma, F. (2024). Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Java dan Netbeans Ide. TOHAR MEDIA. 22-23,https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tGEIEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=netbeans&ots=IVI1sihBm8&sig=28QV9Q2oPXZwyNA1oogCvwT6Uio&redir_esc=y#v=onepage&q=netbeans&f=false
Ririn Windawati and Henny Dewi Koeswanti, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hassil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 1027–38, https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835.