Aplikasi Penitipan Hewan Berbasis Desktop Menggunakan Metode OOAD
(Studi Kasus: Erni Pet Shop)
Keywords:
Java Desktop, Aplikasi, Penitipan Hewan Peliharaan, Berorientasi ObjekAbstract
Jasa penitipan hewan merupakan salah satu solusi terbaik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang memiliki hewan peliharaan tetapi terpaksa harus bepergian jauh dan tidak memungkinkan untuk membawa hewan peliharaan mereka. Hal tersebut dilihat sebagai peluang bisnis yang baik oleh pemilik Erni Petshop. Namun, dalam melakukan proses bisnisnya selama ini masih menggunakan pencatatan secara manual yang terkadang menyebabkan kerugian baik dalam hal materi maupun kepercayaan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menanggulangi permasalahan tersebut, yaitu dengan merancang sistem pengelolaan penitipan hewan peliharaan secara terintegrasi dan terorganisir lebih baik dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah berkembang pesat. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah–masalah yang hendak diteliti. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa perancangan aplikasi penitipan hewan pada Erni Petshop dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang baik untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan.
References
Amelia, A., Hutajulu, B. M., & Anjani, D. (2021). Perancangan Aplikasi Perawatan dan Penitipan Hewan pada Garden 7 Petshop Berbasis Android. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5, 741-759. Retrieved from https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.521
Denka, A. P., & Ratna, M. M. (2021, September). Perancangan Aplikasi Pencarian Lokasi Penitipan Hewan Peliharaan Menggunakan Metode Haversine Formula (Studi Kasus: Wilayah Jakarta Barat). PETIR: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, 14, 193-201. doi:https://doi.org/10.33322/petir.v14i2.1071
Dian, A. W., Bakhtiar, R., Yunindyawati, A., & Wida, P. M. (2022, November). Implementasi Metode Scrum Pada Sistem Informasi Penitipan Hewan Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Kepada Pelanggan. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6, 815-827. doi:10.52362/jisamar.v6i4.924
Dwi, Y., & Handrie, N. (2019, Agustus). Analisa dan Perancangan Aplikasi Clow Untuk Adopsi Hewan Peliharaan Berbasis Android (Studi Kasus: Shelter Rumahsinggahclow, Bogor). (164-173, Ed.) JUKOMIKA-(JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA), 2(4).
Ika, M. L. (2018, April). Rancang Aplikasi Penitipan Hewan Berorientasi Objek Pada Juanda Pet Shop and Clinic Depok. Jurnal String, 2, 265-273.
Lucky, R., & Nur, A. (2022, Januari 19). Perancangan Sistem Aplikasi Penitipan Hewan Wiyadi Pet Shop Berbasis Java. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2022, 1211-1216.
Rian, H., & Nugraha, J. A. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Jasa Penitipan Hewan Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 7, 132-143. Retrieved from https://doi.org/10.37012/jtik.v7i2.645
Rynetta, R. N., & Silvana, R. (2020, Desember 02). Aplikasi Penitipan Hewan Peliharaan di Pet Shop Menggunakan Fitur Pembayaran Virtual Berbasis iOS. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 6, 118-127.
Tunawijaya, E. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penitipan Hewan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
Yusuf, D., Afrizal, T., & Budiarto, A. (2021). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Lapangan Futsal Berbasis Java Pada Wirabujana Futsal Indramayu. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research (JISAMAR), 5, 125-131. Retrieved from Http://Journal.Stmikjayakarta.Ac.Id/Index.Php/Jisamar/Article/View/347