Penyuluhan Dampak Game Online pada Gawai untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar Negeri Ketapang

Authors

  • Ryan Ari wijaya Universitas Pamulang
  • Elita Septiana Ibrahim Universitas Pamulang
  • Mohamad Adnan Kasogi Universitas Pamulang
  • Muhammad Imam Akbar Universitas Pamulang
  • Muhammad Paris Ardiansyah Universitas Pamulang
  • Muhammad Izzat Maharaja Dalimunte Universitas Pamulang
  • Muhammad Rizki Lutfianto Universitas Pamulang
  • Reza Pradana Universitas Pamulang
  • Deby Amanda risky A Universitas Pamulang
  • Yara Alfiyatno Universitas Pamulang
  • Tio Andrian Universitas Pamulang

Keywords:

Gawai, Game Online, Sekolah Dasar

Abstract

Penyuluhan mengenai dampak game online pada siswa Sekolah Dasar Negeri Ketapang dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang pengunaan yang bijak terhadap teknologi, khususnya game online. Game online merupakan permainan yang terhubung melalui internet dan telah menjadi aktivitas yang diminati oleh banyak siswa.Namun pengunaan berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan dan dampak negatif, seperti penurunan kinerja akademik dan gangguan tidur. Dalam kegiatan penyuluhan ini, focus utama adalah memberikan pemahaman tentang definisi game online, dampat negative dampak positif serta solusi bijak dalam pengunaannya. Melalui kerja sama dengan SD Negeri Ketapang, penyuluhan dilakukan dengan presentasi langsung kepada Siswa, memberikan informasi mengenai pengunaan yang bertanggung jawab terhadap game online, Dalam hasil kegiatan, terlihat bahwa kebanyakan siswa menikmati bermain game, namun terdapat masalah kecanduan yang dapat menganggu aktivitas belajar mereka. Solusi yang diusulkan adalah melibatkan perang orang tua dan pendidik dalam mengawasi waktu yang dihabiskan untuk bermain game serta memberikan Pendidikan tentang pengunaan teknologi secara bertanggung jawab. Diharapkan penyuluhan ini memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya mengunakan game online secara bijak dan sehat, sehingga mereka dapat mengintgerasikan kegiatan bermain game dengan kegiatan sehari-hari secara seimbang dan produktif.

References

R. Azis, Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru kota Malang, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2011.

M. D. G. Helena Cole, "Social Interactions in Massively Multiplayer Online Role-Playing Gamers.," Mary Ann Liebert, vol. 10, no. 4, pp. 575-583, 2007.

F. Siska, KECANDUAN MAHASISWA TERHADAP GAME ONLINE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA., Yogyakarta: ePrints@UNY, 2012.

C. J. &. O. C. K. Ferguson, "Friends, fun, frustration and fantasy: Child motivations for video game play. Motivation and Emotion,," APA PsycNet, vol. 37, no. 1, pp. 154-164, 2013.

J. P. Gee, "Collected Essays on Video Games, Learning and Literacy, 2nd Edition," PETER LANG, vol. VI, no. 194, p. 167, 2007.

M. Griffiths, "The educational benefits of videogames Education and Health,," ACADEMIA, vol. 20, no. 12, pp. 47-51, 2002.

H. R. Eryzal Novrialdy, "Journal of Educational and Learning Studies 2," Research Gate, vol. 2, no. 2, p. 113, 2019.

H. R. Eryzal Novrialdy, "High School Students Understanding of the Risks of Online Game Addiction," Journal of Educational and Learning Studies , vol. 2, no. 2, p. 113, 2019.

K. G. P. K. R. &. G. E. Subrahmanyam, "The impact of computer use on children's and adolescents' development. Journal of Applied Developmental Psychology,," APA Psycnet, vol. 1, no. 22, p. 7–30, 2001.

Diana G. Oblinger and James L. Oblinger, "Educating the net Generation," EDUCAUSE, vol. 2, no. 1, pp. 1-15, 2005.

C. K. Olson, "Children’s Motivations for Video Game Play in the," American Psychological Association, vol. 4, no. 2, pp. 180-187, 2010.

S. Yusuf, "Psikologi perkembangan anak & remaja / H. Syamsu Yusuf L.N. ; pengantar, M. Djawab Dahlan," Rosda, vol. 7, no. 1, pp. 215-217, 2006.

K. Subakti, "Pengaruh Game Online Terhadap Remaja," Jurnal Ilmiah, vol. 1, no. 1, pp. 1-15, 2017.

A. S. P. Nur Kumala Dewi, "Perkembangan Gamification dan Dampak Game Online terhadap Jiwa Manusia di Kota Pintar DKI Jakarta," Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 3, pp. 315-320, 2020.

m. a. suplig, "Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar," Jurnal Jaffray, vol. 15, no. 2, pp. 1-20, 2017.

T. R. Ariantoro, "DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJAR," Jutim, vol. 1, no. 1, pp. 45-49, 2016.

K. Rohman, "AGRESIFITAS ANAK KECANDUAN GAME," Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak , vol. 2, no. 1, pp. 150-170, 2018.

Z. H. R. Sukron Habibi Harahap, "Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1111-1682, 2021.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Ryan Ari wijaya, Elita Septiana Ibrahim, Mohamad Adnan Kasogi, Muhammad Imam Akbar, Muhammad Paris Ardiansyah, Muhammad Izzat Maharaja Dalimunte, Muhammad Rizki Lutfianto, Reza Pradana, Deby Amanda risky A, Yara Alfiyatno, & Tio Andrian. (2024). Penyuluhan Dampak Game Online pada Gawai untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar Negeri Ketapang . APPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 144–148. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/1452

Most read articles by the same author(s)