Pengenalan Komponen Komputer Dan Panduan Merakit Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada SD Negeri Kukusan Depok
Keywords:
Komponen Komputer, Perakitan Komputer, Edukasi, SDN Kukusan DepokAbstract
Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang turut merasakan pengaruh dari kemajuan teknologi. Hampir semua sektor di Indonesia, termasuk dunia pendidikan, telah memanfaatkan teknologi secara luas.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa Sekolah Dasar Negeri Kukusan, Depok, dalam memahami komponen-komponen komputer serta panduan merakitnya. Pendekatan ini dirancang sebagai upaya mengenalkan teknologi sejak dini untuk mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan era digital. Metode pelaksanaan meliputi sesi penyuluhan, demonstrasi langsung, dan praktik merakit komputer dengan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa dalam belajar, peningkatan pemahaman tentang fungsi komponen komputer, serta kemampuan dasar dalam proses perakitan.Kegiatan ini dilaksanakan Pada 24 Oktober 2024, Dengan Melibatkan 64 Siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Kukusan Depok. Dengan demikian, Sosialisasi ini memberikan kontribusi nyata dalam membangun keterampilan dasar teknologi siswa sekaligus mendukung peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi di tingkat sekolah dasar.
References
Danny, H. (2024). Media Pembelajaran Pengenalan Komputer Menggunakan Metode Game Based Learning Pada SD Muhammadiyah 15 Surakarta Learning Media for Computer Introduction Using Game-Based Learning Method at Muhammadiyah 15 Surakarta Elementary School. Jurnal Teknologi Sistem Informasi E-ISSN, 5(1), 188–198. https://doi.org/10.35957/jtsi.v5i2. 8513
Darkel, Y. B. M., Koten, Y. P. K., Rozady, M. P. N., Mado, T. W., Bada, C. B., Lodan, M. W., & Muda, H. B. N. (2024). Pengenalan Perangkat Komputer Dasar sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Siswa SDI Waioti Maumere. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(6), 1117–1121. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i6.6770
Gusti Ayu Agung Mas Aristamy, I., Gde Eka Dharsika, I., Risanti Iswardani, P., & Bagus Nyoman Pascima, I. (2024). PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(2).
Ilham Khaerul Umam, M., Rifqi Pradila, A., Anggraeni, R., & Teknologi dan Bisnis Bina, I. (2022). PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR KOMPUTER KEPADA SISWA/I SEKOLAH DASAR ARTICLE HISTORY (Vol. 1, Issue 2).
Juliani Taku Neno, K., Trisna Siki, L., Naros, G., Matheos Abednego Ulnang, C., & Citra Bangsa, U. (n.d.). Pelatihan pengenalan dasar-dasar komputer bagi anak SD di Desa Nekbaun-Amarasi Barat. Publikasi, A. J., Qorib, F., Syahid, A. N., Prasetyo, H., Syahrulloh, R., Yusuf, C., Rizky, A. F., Prasetyo,
G. D., Ramadhan, A., Azis Bintoro, M., & Saputra, A. (2022). PENGENALAN SOFTWARE DAN HARDWARE DALAM PEMBELAJARAN SISWA/I SD NEGERI SUDIMARA 3 KOTA TANGERANG. 1(2). https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/ index
Saputri, R. P., Fransisca, M., & Yunus, Y. (2023). Edukasi Pengenalan Dasar-Dasar Komputer pada Siswa SD IT Buah Hati Kota Padang. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Komputer (ABDIKOM (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/abdikom .