Meningkatkan Personal Branding Siswa Melalui Pelatihan Portofolio Digital Menggunakan Figma
Keywords:
Personal Branding, Portofolio Digital, FigmaAbstract
Mempersiapkan portofolio tingkat lanjut merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan personal branding siswa di era digital yang semakin berkembang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengajarkan siswa khususnya siswa SMK Fadilah bagaimana membuat portofolio secara komputerisasi dengan menggunakan aplikasi Figma. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 14 November 2024 oleh mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang. Metode pelatihan meliputi penyampaian materi teori, praktik, dan diskusi interaktif. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa pemahaman siswa tentang konsep personal branding dan kemampuan mereka membangun portofolio yang menarik dan kompeten semakin meningkat. Melalui pelatihan ini, kami berharap para siswa dapat lebih percaya diri menampilkan kemapuan dan prestasinya di dunia kerja maupun dalam melanjutkan pendidikan. Program ini mendapat respon positif dari pihak-pihak yang berpastisipasi dan menjadi langkah nyata dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan pendidikan kejuruan.
References
Jailani, J. (2012). RANCANGAN MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DI SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.450
Leasfita, A., & Elysa, R. (2022). Peran Konten Misteri Dalam Pembentukan Personal Branding Youtuber. Jurnal Mahardika Adiwidia, 2(1), 56. https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.1211
Made, I., Heri Wijayanto, & I Putu Widanta. (2024). Rancang Design UI/UX Website Portofolio pada Perusahaan PT Kresna Karya Menggunakan Figma. Jurnal Begawe Teknologi Informasi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jbegati.v5i1.1057
Mohamad Firdaus, & Indra Bakti. (2024). Perancangan Dan Pembuatan Desain UI/UX Aplikasi Simpora Dengan Figma. Jurnal Teknologi Informasi (JUTECH), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.32546/jutech.v5i1.2436
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, & Shilka Dina Anwariya. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI FIGMA DALAM MEMBANGUN UI/UX YANG INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK TASIKMALAYA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 3(1), 149–154. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542
Syaeful Gamar. (2021). Pelatihan Pembuatan Website Portofolio Untuk Peningkatan Kemampuan Dan Keterampilan Teknologi Karang Taruna Rw 01 Kelurahan Harapan Jaya. Dedikasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31–43. https://doi.org/10.31479/dedikasi.v2i1.88
Yovelin, V., & Paramita, S. (2023). Digital Personal Branding dalam Membentuk Kredibilitas Content Creator. Koneksi, 7(1), 231–239. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21330