APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA-SISWI SMP DJOJOREDJO

Authors

  • Adhi Pramana Suwarno Universitas Pamulang
  • Andrean Farhansyah Universitas Pamulang
  • Bagas Junianto Universitas Pamulang
  • Bella Rossa Amelia Universitas Pamulang
  • Danti Amelya Putri Universitas Pamulang
  • Himawan Fadhillah Universitas Pamulang
  • Iqbal Aditya Universitas Pamulang
  • Raihan Salman A. P.8 Universitas Pamulang
  • Reyvalqy Universitas Pamulang
  • Rizka Gifani Napitupulu Universitas Pamulang

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar, Teknologi Pendidikan

Abstract

Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat ini, dunia pendidikan harus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan generasi yang lebih kritis dan kreatif. Penelitian ini fokus pada pengembangan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diterapkan di SMP Djojoredjo untuk meningkatkan minat dan efisiensi belajar. Aplikasi ini mengintegrasikan elemen visual, audio, dan interaktif yang sesuai dengan gaya dan kemampuan belajar masing-masing siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan dan pemahaman materi yang lebih baik. Dengan demikian, penggunaan teknologi AI yang diharapkan akan berdampak positif terhadap prestasi akademik.

References

Holmes, Bialik, Fadel. (2019). Aetificial intelligence in education. Globethies Publication.

Luckin, Holmes. (2016). Intelligence Unleashed: An argument for AI in Education. https://www.pearson.com/content/dam/corporate/global/pearson-dot-com/files/innovation/Intelligence-Unleashed-Publication.pdf.

Prensky, M. (2001). Digital Natives.

Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2000). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772-790.

Baker, R. S. J. D., & Siemens, G. (2014). Educational Data Mining and Learning Analytics. In Learning Analytics (pp. 61-75). Springer.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Adhi Pramana Suwarno, Andrean Farhansyah, Bagas Junianto, Bella Rossa Amelia, Danti Amelya Putri, Himawan Fadhillah, Iqbal Aditya, Raihan Salman A. P.8, Reyvalqy, & Rizka Gifani Napitupulu. (2024). APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA-SISWI SMP DJOJOREDJO. APPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 331–335. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/1876