Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP PRAMADINA Ciseeng, Bogor

Authors

  • Ilham Farhandhany Universitas Pamulang
  • Galuh Surya Permana Universitas Pamulang
  • Adi Febrianto Universitas Pamulang
  • Rezy Azril Fadillah Universitas Pamulang
  • Rahman Maulana Universitas Pamulang
  • Andriansyah Prastio Universitas Pamulang
  • Ramy Rajabil Daris Universitas Pamulang
  • Vito Fajariyadi Universitas Pamulang
  • Ikhsan Adam Nachrowi Universitas Pamulang
  • Bagus Wicaksono Universitas Pamulang
  • Tri Hidayati Universitas Pamulang

Keywords:

Game Online, Minat Belajar Siswa, Pendidikan

Abstract

Pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Game online semakin populer di kalangan remaja, namun ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak bermain game online dapat menurunkan minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan survei dan wawancara dengan siswa SMP. Sampel penelitian meliputi siswa yang aktif bermain game online dan siswa yang tidak. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game online yang berlebihan berhubungan dengan rendahnya minat belajar. Siswa yang sering bermain game online cenderung kurang berminat belajar dan sulit berkonsentrasi pada tugas sekolah. Namun, terdapat perbedaan individu pengaruh game online terhadap minat belajar. Sebagian siswa masih tertarik untuk belajar meskipun bermain game online, sebagian lainnya lebih peka terhadap pengaruh negatif. Faktor-faktor seperti dukungan keluarga, cara penggunaan game online dan harga diri siswa dapat mempengaruhi pengaruh game online terhadap minat belajar. Studi ini memberi guru dan orang tua wawasan penting tentang bagaimana mereka mengelola penggunaan game online oleh siswa. Penting untuk mengajarkan siswa untuk menggunakan game online secara bijak dan seimbang, serta untuk merangsang minat belajar yang positif. Kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan komunitas dapat membantu meningkatkan kesadaran siswa akan dampak game online terhadap minat belajar mereka.

References

Ria Johan. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Perserta didik Kelas X DI MA AL HIDAYAH DEPOK. Journal lppmunindra Vol 5, No2, 2019. doi:http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748

Irmawati, D. K. (2016). What Makes High-Achiever Students Hard to Improve Their Speaking Skill? JEES (Journal of English Educators Society), 1(2), 71–82. https://doi.org/10.21070/jees.v1i2.442

Azis, A. A., & Hidayat, S. (2022). Pengaruh Game Online Free Fire Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 271–280. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53123

Nik Haryanti, Mar’atul Hasanah, & Setyaning Utami. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Mi Miftahul Huda Sendang Tulungagung. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 131–138. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.338

Sari, I. M. (2019). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku siswa di kelas V sd. Institut Agama Islam Negeri, Bengkulu, 1–97. Diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3741

Mustika, N., Ginting, J. B., & Gustianingsih. (2022). Pengaruh Game Online Pada Bahasa Anak. TALENTA Conference Series, 5(2), 140–144. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i1.1337

Zulfikar, A., Yari, D.,& Setyorini. (2019) Pengaruh Dari Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Kristen 2 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Genta Mulia Vol. 10 No. 2 (2019). Diakses dari https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/447

Andhika, & Caca. (2019). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU. Diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3755

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ilham Farhandhany, Galuh Surya Permana, Adi Febrianto, Rezy Azril Fadillah, Rahman Maulana, Andriansyah Prastio, Ramy Rajabil Daris, Vito Fajariyadi, Ikhsan Adam Nachrowi, Bagus Wicaksono, & Tri Hidayati. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP PRAMADINA Ciseeng, Bogor. APPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 93–97. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/367