PENGENALAN KONSEP PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN DRAW.IO BAGI SISWA SMK SEBAGAI PERSIAPAN KARIR MENJADI PROGRAMMER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep perancangan perangkat lunak kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai persiapan karir menjadi programmer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan platform Draw.io untuk memvisualisasikan konsep-konsep dasar dalam perancangan perangkat lunak. Perancangan perangkat lunak merupakan aspek penting dalam pengembangan aplikasi dan sistem komputer modern. Namun, seringkali konsep-konsep tersebut sulit dipahami oleh siswa SMK yang baru mengenal dunia pemrograman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyajikan pendekatan yang mudah dipahami dan diimplementasikan oleh siswa SMK. Melalui penggunaan Draw.io, siswa akan diajak untuk memvisualisasikan konsep-konsep seperti diagram alur kerja, struktur data, dan antarmuka pengguna. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang proses perancangan perangkat lunak dan mempersiapkan diri untuk karir di bidang pemrograman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi acuan bagi guru-guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang inovatif dan efektif dalam mengajarkan konsep-konsep perancangan perangkat lunak kepada siswa SMK
References
Sommerville, I. (2016). Software Engineering (10th ed.). Pearson Education.
Pressman, R. S. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach (8th ed.). McGraw-Hill Education.
Rafi, A., & Imran, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital.
Yulianto, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Diagram Online dalam Pembelajaran Perancangan Sistem Informasi.
Kusuma, H. (2017). Implementasi Pemodelan UML pada Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak.
Hartono, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Draw.io sebagai Alat Bantu Pembelajaran Diagram di SMK.
Nurhadi, I. (2018). Penerapan Perangkat Lunak Desain Grafis Berbasis Web di Sekolah Kejuruan.