Penerapan Transformasi Sebagai Basis Pendidikan Dalam Komputer Grafik Untuk Pengetahuan Translasi, Rotasi, Dan Virtualisasi Dalam Pembuatan Animasi 2D Sebagai Implementasi Grafika
Keywords:
Komputer Grafik, Transformasi 2D, Objek 2D, Animasi 2DAbstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan transformasi dalam komputer grafik untuk memahami konsep translasi, rotasi, dan virtualisasi dalam pembuatan animasi 2D. Transfromasi menjadi dasar penting dalam grafika komputer yang dapat memanipulasi objek secara matematis untuk menciptakan animasi 2D yang interaktif. Dalam pembelajaran grafika komputer, aplikasi visualisasi membantu pemahaman teori yang ada. Contohnya, dalam pembuatan aplikasi transformasi 2 dimensi menggunakan bahasa pemrograman seperti Java2D.
References
Ferdinar, D., & Wijaya, R. A. (2024). Objek Geometri 2D Java. Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA), 1(5), 669-675.
Karisma, H. (2012). Transformasi Bangun 2d.
Herriyance, H., & Dahria, M. (2018). Penerapan Transformasi Translasi Dan Rotasi Untuk Visualisasi Objek 3d Pada Aplikasi Desktop. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 1(2), 96-105.
Sari, O. (2023). JARINGAN KOMPUTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DIGITAL. Jurnal Teknologi Terkini, 3(10).
Aqib, M. A., & Pujiyanta, A. Media Pembelajaran Komposisi Transformasi Berbasis Multimedia (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).