Perkembangan Game Edukasi Berbasis Android Dengan Unity

Authors

  • Christian Fernando Setiawan Universitas Pamulang
  • Deanendra Favian Ardiputra Universitas Pamulang
  • Edwin Klose Timothy Bakara Universitas Pamulang
  • Muhammad Rizky Dhafa Sitompul Universitas Pamulang

Keywords:

Game Edukasi, Android, Unity, Era Digital, Pendidikan, Inovasi Teknologi

Abstract

Pada era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu inovasi yang signigfikan adalah pengembangan game edukasi berbasis Android dengan menggunakan Unity, sebuah platform pengembangan game yang populer. Artikel tinjauan literatur ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan, manfaat, dan tantangan dari game edukasi berbasis Android yang dikembangkan dengan Unity. Melalui analisis literatur yang mencakup berbagai studi dan penelitian, ditemukan bahwa game edukasi berbasis Android memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar, pemhaman konsep, dan keterlibatan siswa. Selain itu, Unity sebagai alat pengembangan menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam pembuatan konten interaktif yang menarik. Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan perangkat keras, kualitas konten edukatif, dan adaptasi kurikulum. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa game edukasi berbasis Android dengan Unity merupakan inovasi yang menjanjikan dalam pendidikan, namun memerlukan pendekatan yang hati-hati dan kolaboratif untuk mencapai hasil yang optimal.

References

Nugroho, S. M. S., Sumpeno, S., & Liudyvia, M. (2021). Game Edukasi Mengenal Jajanan Tradisional Indonesia Berbasis Rol

Rahayu, S. P., Subandi, D., Qorahman, O., Rifki, M., & Muttaqin, A. Z. (2023). Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kue Tradisional Berbasis Android. Media Jurnal Informatika, 15(2), 92-100.

Yuliati, T. (2017). Implementasi game guna mempopulerkan jajanan Indonesia berbasis android. JURNAL UNITEK, 10(1), 77-87.

Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang dan bangun game edukasi anak-anak berbasis android dengan unity menggunakan metode game development life cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103-111.

Wafa, A. K. A., & Fahmi, S. (2021, August). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 11-17).

Adi, J. N. S. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Pencegahan Virus COVID-19 Menggunakan Unity. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 252-260.

Putra, S. D., Aryani, D., Syofyan, H., & Yasin, V. (2023). Aplikasi Augmented Reality Geometri Sekolah Dasar Untuk Bangun Datar dan Ruang Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Jurnal Media Informatika Budidarma, 7(1), 250-259.

Ramadhanti, N. F., Lamada, M., & Riska, M. (2021). Pengembangan aplikasi game edukasi 3d “finding geometry” berbasis unity sebagai media pembelajaran bangun ruang matematika. Jurnal MediaTIK, 21-26.

Rohmawati, I., Sudargo, S., & Menarianti, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 2(2), 173-184.

Kurniawan, M. A., Putra, A. D., Pasha, D., & Yulianti, T. (2023). Game Edukasi Pengenalan Tapis Lampung Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 4(3), 270-277.

Ramadhona, E. W., Prasetya, T., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., & Nurdiawan, O. (2022). Game edukasi †œnihongo kurabu†belajar bahasa menggunakan unity 2d berbasis android. Information Management for Educators and Professionals: Journal of Information Management, 6(1), 71-80.

Andre, J. L., Handriyantini, E., & Oktavia, C. A. (2018). Pengembangan game virtual reality berbasis android menggunakan unity sebagai media penunjang pengenalan bahasa inggris. J-INTECH (Journal of Information and Technology), 6(02), 208-213.

Fortuna, S., Purnamasari, A. I., & Dikananda, A. R. (2023). Game Edukasi Menyusun Kata Berbasis Android Dengan Metode MDLC Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Pada PAUD Wijaya Kusuma 1 Kota Cirebon. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(2), 61-65.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Fernando Setiawan, C., Favian Ardiputra, D., Klose Timothy Bakara, E., & Rizky Dhafa Sitompul, M. (2024). Perkembangan Game Edukasi Berbasis Android Dengan Unity. JRIIN :Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 2(4), 670–674. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.com/index.php/jriin/article/view/1473