The APLIKASI PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SMKN 1 RANGKASBITUNG BERBASIS VIRTUAL TOUR
Abstract
Pengenalan lingkungan sekolah merupakan aspek penting dalam memperkenalkan siswa baru dengan fasilitas, area, dan lokasi yang ada di dalam sekolah. SMKN 1 Rangkasbitung menyadari pentingnya pengenalan ini dan berupaya mengembangkan solusi inovatif dengan menggunakan teknologi virtual tour. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pengenalan lingkungan sekolah pada SMKN 1 Rangkasbitung berbasis virtual tour. Metode pengembangan aplikasi ini menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak berbasis web dan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi MDLC yang merupakan metode paling sesuai dengan menekankan 6 tahap pengembangan yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), tes (testing) dan distribusi (distribution).. Tahapan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka, implementasi aplikasi, serta pengujian dan evaluasi. Data dan informasi tentang lingkungan sekolah SMKN 1 Rangkasbitung dikumpulkan melalui survei dan kunjungan langsung ke lokasi. Aplikasi pengenalan lingkungan sekolah berbasis virtual tour ini menyediakan pengalaman interaktif bagi pengguna untuk menjelajahi lingkungan sekolah secara virtual. Fitur-fitur utama yang disediakan oleh aplikasi ini meliputi peta interaktif dengan penandaan lokasi-lokasi penting di sekolah, gambar dan deskripsi rinci tentang setiap fasilitas dan area, serta video 360 derajat yang memberikan pengalaman nyata tentang lingkungan sekolah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu siswa baru untuk lebih familiar dengan lingkungan sekolah sebelum mereka benar-benar memulai aktivitas belajar. Diharapkan bahwa aplikasi pengenalan lingkungan sekolah berbasis virtual tour ini dapat menjadi alat yang efektif dalam memperkenalkan siswa baru dengan fasilitas dan area yang ada di SMKN 1 Rangkasbitung. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menjadi model yang dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lain dalam memperkenalkan lingkungan sekolah mereka kepada siswa baru.
Kata Kunci: Website, Virtual tour, Panorama 360, MDLC
References
D Vista. 2017. “Sejarah 3D Vista.” Juni. Retrieved (https://www.3dvista.com/en/about).
Akase, Rizchard Prasetyo. 2015. “Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli.” 05 September. Retrieved (https://mahasiswa.ung.ac.id/531415048/home/2015/9/5/12-pengertian-sistem-informasi-menurut-para-ahli.html).
Dwi Setiawan, M. Ko. M. Ko. 2022. “Mengenal Editor Visual Studio Code.” Selasa, 15 Pebruari. Retrieved (http://teknik-komputer-d3.stekom.ac.id/informasi/baca/Mengenal-Editor-Visual-Studio-Code/a812f5ddfdd241c29f9645ea09e14dedbdae2f1b).
Edi Elisa. 2016. “Aplikasi Berbasis Web.” 15 Juli. Retrieved (https://educhannel.id/blog/artikel/aplikasi-berbasis-web.html).
Jugiyanto. 1999. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Yogyakarta: BPFE.
Lasabuda, Badzlina K., Dringhuzen J. Mamahit, Brave A. Sugiarso, Teknik Elektro, Universitas Sam, Ratulangi Manado, and Jln Kampus Bahu-unsrat. 2019. “Virtual Tour Pengenalan Teluk Labuan Uki Di Kabupaten Bolaang Mongondow.” Jurnal Teknik Informatika 14(1):129–34.
Maya, Maria Apriyanti. 2022. “Aplikasi Promosi Kampus Perguruan Tinggi STIKOM Artha Buana Kupang.” Jurnal SITECH: Sistem Informasi Dan Teknologi.
Osman, Aznoora, NA Wahab, and MH Ismail. 2009. “Development and Evaluation of an Interactive 360 Virtual Tour for Tourist Destinations.” Journal of Information Technology Impact 9(3):173–82.
Ridwan Suhud, Abdurrakhman Prasetyadi, Dwiyanto Wahyu Ari Nugroho, Gravinda Putra Perdana. 2020. “PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL TOUR KEBUN RAYA BOGOR LIPI SEBAGAI MEDIA DISEMINASI DAN LITERASI ILMU.” 5(1):1–8.
Setiawan., Samhis. 2018. “Pengertian Promosi Menurut Para Ahli.” Agustus. Retrieved (https://www.gurupendidikan.co.id/promosi-pengertian-menurut-paraahli-tujuan-fungsi/).
Subawa, I. Gede Bendesa, I. Nengah Eka Mertayasa, and Dessy Seri Wahyuni. 2022. “PENGEMBANGAN VIRTUAL TOUR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA BERBASIS FOTOGRAFI 360 DERAJAT.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 11(3):334–43.
Subekti, Khairul Refan, Septi Andryana, and Ratih Titi Komalasari. 2021. “VIRTUAL TOUR LINGKUNGAN UNIVERSITAS NASIONAL BERBASIS ANDROID DENGAN VIRTUAL REALITY.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika) 6(1):38–48. doi: 10.29100/jipi.v6i1.1711.
Waraney, Sumayku P. F., Virginia Tulenan, and Alicia A. E. Sinsuw. 2017. PENGEMBANGAN VIRTUAL TOUR POTENSI WISATA BARU DI SULAWESI UTARA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIDEO 360 DERAJAT. Vol. 12.